Sunco : Minyak Goreng yang Dikit Nempel di Makanan





Saya termasuk yang percaya, memasak di rumah itu lebih sehat daripada beli diluaran. Dan memang benar, akan tetapi hati-hati dengan masakan rumah, karena bisa jadi The Silent Killer. Ingin tahu lebih lanjut, keep reading yak……
Jadi ceritanya kemarin mengikuti simposium di Ballrooms Cheers Residental RSPP, Jakarta. Simposium dengan tema Masakan Rumah, The Silent Killer ini  diselenggarakan oleh Cheers dan disponsori oleh Sunco sebagai #minyakgorengbaik.

Beberapa narasumber terpercaya menjelaskan paparan yang menambah ilmu untuk saya, berikut paparan para narasumber, yang dimoderatori oleh Bapak Muhammad Zulkifli, M.Si.
 Narasumber pertama adalah Dr. Entos Zainal, DCN, SP, MHPHM. Beliau menjabat Sekertaris Jenderal PERSAGI. 
Ada beberapa hal yang menjadi pembahasan beliau:
-          Zat gizi merupakan faktor yang sangat penting, untuk anak-anak kita yang akan berkompetisi pada perkembangan zaman.
-          Sangat penting untuk memperhatikan 1000 Hari Pertama Kelahiran, untuk masa depannya.
-          Gizi yang baik berpengaruh pada sel syaraf yang akan bekerja, nantinya.
-          Fungsi Sel Syaraf dapat mengenali jenis-jenis makanan, baik sebagai protein sebagai faktor pembangun. Vitamin dan mineral sebagai kekuatan. Contohnya pada ibu hamil yang anemia, sel  syaraf pada anak yang sedang dikandung tidak akan optimal. Untuk Vitamin ADEK, jika tidak ada pelarutnya, tidak bisa dibawa ke seluruh tubuh. Harus ada pembawanya, yaitu LEMAK.
-          Gizi Makro (Lemak, Protein, Karbohidrat),  Gizi Mikro (Vitamin dan Mineral). 1 gr Karbohidrat 4 kkal, 1 gr Protein 4 kkal, Lemak 9 kkal. Lemak banyak mengandung kalori. Kalori baik pada posisi tertentu tapi tidak baik pada posisi tertentu. Jenis Lemak, Nabati dan Hewani. Contoh Lemak Nabati adalah Minyak Kelapa Sawit.
-          Indonesia sedang mengalami perubahan penyakit. Dari penyakit menular yang menjadi penyakit tidak menular yang mengakibatkan banyak sekali usia muda memiliki penyakit tidak menular ini. Contohnya penyakit jantung pada usia muda ( 30 tahun), hal ini dikarenakan masalah gizi pada saat dia dikandung.
-          Sebagai seorang ibu, aku langsung teringat pada ke dua, masa kehamilanku. Asupan-asupan apa yang telah kuberikan untuk janinku. Aku memastikan semua gizi kupenuhi dengan baik. Supaya anak-anakku mendapatkan asupan gizi yang baik dari kandungan hingga usia 1000 HPK-nya.

Narasumber kedua adalah Ibu Maulina Wijaya, Deputi Marketing Manager Sunco
"Agar terhindar dari penyakit berbahaya, pastikan jangan menggunakan minyak secara berulang-ulang. Jika minyak sudah berubah warana akibat sisa makanan, sebaiknya ganti dengan minyak yang baru. Selain itu, hindari penggunakan suhu terlalu panas saat memasak, karena dapat membentuk radikal bebas yang merugikan kesehatan dan merusak kandungan vitamin dalam minyak goreng".
Ada beberapa point yang bisa saya simpulkan dari penjelasan Bu Lina :
-          Indonesia sedang mengalami penyakit degeneratif. Contohnya adalah kanker, penumpukan lemak di hati dan yang paling populer adalah jantung koroner.
-          Jantung koroner diakibatkan oleh terblokirnya saluran darah di tubuh sehingga dapat menjalar ke penyakit-penyakit lainnya.
-          Minyak goreng yang lebih baik adalah minyak goreng yang tidak beku, yang kandungan lemak jenuh lebih sedikit, contohnya minyak goreng yang lebih cair #dikitnempel.
o   Pilih minyak goreng yang cair, bening dan tidak mudah membeku.
o   Jangan panaskan minyak goreng pada suhu tinggi, apalagi sampai mengeluarkan asap di atas penggorengan.
o   Jangan gunakan minyak goreng secara berulang-ulang
Narasumber ketiga adalah Ibu Theresia Irawati, SKM, M.Kes dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Ibu Theresia, menjelaskan beberapa batasan komsumi gula, garam dan lemak seperti dibawah ini berdasarkan Permenkes No.30 tahun 2013 mengenai batas konsumsi Gula Garam dan Lemak.
-          Gula per orang per hari yaitu 50 gr (4 sdm)
-          Garam 5 gram (1 sdm)
-          Lemak 67 gram (5 sdm)
Sebaiknya lakukan bentuk kegiatan yang mencerminkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, seperti berikut :
-          Melakukan aktifitas fisik
-          Mengkonsumsi sayur dan buah, perhatikan konsumsi GGL
-          Tidak mengkonsumsi alcohol
-          Tidak merokok
-          Memeriksa kesehatan secara rutin
-          Membersihkan lingkungan
-          Menggunakan jamban
Narasumber keempat adalah dr. Tirta Pratiwi Sari beliau menjelaskan  ada tiga macam lemak :
-          Lemak Tak Jenuh : Jenis lemak yang memiliki 1 rantai ganda atau lebih bersifat protektif terhadap penyakit jantung
-          Lemak Jenuh : Lemak yang tidak memiliki ikatan ganda karena seluruhnya telah terikat dengan atom hidrogen. Beberapa penelitian : hubungan dengan penyakit jantung.
-          Lemak Trans : Merupakan lemak tak jenuh yang telah mengalami proses hingga sebagian berubah menjadi lenuh merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Narasumber kelima adalah Christian Sugiono
Bapak satu orang anak yang berprofesi sebagai publik figure dan brand ambasador Sunco. Memberikan Tips bugarnya:
-          Jaga istirahat, cukup tidur
-          Jaga pola makanan
-          Olah raga teratur, seminimal mungkin dalam satu minggu ada olah raga, misalnya berenang.
-          Berolah raga akan membuat badan sehat dan memiliki pikiran yang sehat juga moodnya menjadi lebih baik.
Acara di akhiri dengan demo masak oleh Chef Nanda
Ada 2 resep yang dipraktekan chef Nanda. Ada resep mayonaise a la Sunco dan menggoreng Tempura menggunakan minyak Sunco. Tentunya dengan menggunakan Sunco Minyak Goreng Baik Dikit Nempel di Makanan,
Christian Sugiono juga mengajak blogger untuk mengikuti tes Organoleptic. Christian memulai dengan meminum minyak goreng Sunco satu sendok makan dan langsung berkomentar, bahwa Sunco tidak lengket di mulut. Minyak gorengnya langsung turun ke tenggorokan dan tidak meninggalkan bekas di mulut.
Minyak goreng SunCo diproses secara khusus dan hasil produksinya bebas lemak trans, mengandung 57% asam lemak tak jenuh dan difortifikasi vitamin A 30% AKG (angka kebutuhan gizi). Pada Januari 2012, Sunco menerima penghargaan "Peduli Gizi 2012 Fortifikasi Vitamin A pada Minyak Goreng".


Sekarang saya paham bagaimana cara menyajikan masakan rumahan yang sehat dan memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Keluarga yang sehat adalah awal dari generasi yang sehat.
Untuk yang mau tahu lebih banyak tentang minyak goreng SunCo? Bisa lihat langsung di Facebook Fanspage SunCo Indonesia. Atau mau coba resep-resep sehat yang oke punya? Coba saja klik link www.minyakgorengsunco.com  atau www.resepsehat.com

Yuk, kita mulai hidup sehat mulai dari sekarang. 

info lebih lanjut bisa cek disini >>> Fanspage: Sunco Indonesia (https://www.facebook.com/SunCoIndonesia/)

CONVERSATION

0 komentar:

Slider

Instagram

Follow Us