Backpacker sendiri Cewek Di Iboh, Sabang Aceh

Bener-bener butuh piknic

Sebenarnya saya sudah ada di Aceh Sejak Selasa untuk urusan pekerjaan, tepatnya dibanda Aceh. Well jadi tiket PP Jakarta Banda Aceh, Aye dibayarin kantor. Pesawat Dari Jakarta ke Banda Aceh hanya ada dua maskapai Garuda Indonesia dan Lion Air.

Ada Insiden kecil pas berangkat, karena gak kebagian tiket garuda, ane naik lion air. Di tiketnya si lion, gak disebutkan bahwa pesawat akan transit di medan. Tapi pada kenyataannya kita di transitkan #bahasaapacoba. Padahal dengan pesawat yang sama dan tempat duduk yang sama, kita tetap disuruh turun, antri pengecekan dan nunggu setengah jam. >> tapi saya gak protes kok, cuman aneh aje, lagian hati sedang kesenangan bisa ke Aceh (well walau seneng saya hanya bagian kalau ntar habis urusan kantor kelar langsung cuzz ke sabang). Well sejak disuruh kebanda aceh, udah bayangin ntar weekend bisa extend buat di bablasin ke sabang. Udah pengen banget kesana sejak jaman TK dulu setiap nyanyi “Dr sabang sampai merauke”. Walau ada insiden gak enak lagi, harusnya urusan kerjaan hanya sampai jumat siang, ternyata molor sampai sabtu siang. Well walau hanya punya waktu dikit tetep nekat ke Sabang. Kapan lagi, mana tiket PP gratis numpang kerjaan kantor.

Dengan Waktu yang super sempit karena baru bisa ke sabang hanya sabtu sore sampai minggu sore, senin kudu kerja lagi. saya hanya sempet ke Iboh dan pulau rubiah disabang. gak sempet ke main dikota sabang, atau no kilometer. #sedih

berdasarkan pengalaman pribadi, cewek single (sekalian cari jodoh) jalan2 ke banda Aceh dan sabang sendirian itu so far aman jaya. Walau sempet ada kejadian gak enak(setelah dipikirkan salah saya juga)pas ane jalan dari ke ind*m*rt balik ke hotel Hermes palace tempat ane nginep, ada om2 gitu berhenti sambil Tanya “mau kemana dek” dengan gelagat gak asik #cumanituseh (berdasarkan analisa abal2 aye, walau aye pakai jilbab, p*l*c*r di Aceh kan pakai jilbab dan keknya ane lupa itu aceh bukan Jakarta, keknya di banda Aceh mungkin cewek baik2 gak keluyuran jam 8.30 malem #walau bagi mbak2 hoby lembur jam segitu masih sore#). selain itu orang Aceh baik-baik dan ramah2 kok.
Sabang itu terpisah dari banda Aceh. Bisa diliat digambar dibawah ini, mana letak sabang dari banda aceh.

Bagaimana menuju sabang dari banda aceh.
- Kapal cepat
o Dari pelabuhan Ulelhee (banda aceh) – Balohan (sabang) bisa dengan kapal cepat 45 menit ada 2 kali penyebarangan pagi dan sore. Pagi sekitar jam 09.00 dan sore jam 16.00
o Dari pelabuhan Balohan (sabang) – ulelhee (banda aceh) dua kali juga pagi dan sore. Dengan jarak temuh yang sama. Pagi jam 09.00 dan sore jam 14.30
- Kapal lambat
o Lama perjalanan sekitar 1.45 menit atau 2 jaman, kalau kalian bawa sepedah motor atau mobil dari banda aceh. Bisa naik kapal ini. Jadwalnya hamper mirip dengan jadwal kapal cepat. Selisih dikit lah. Cari aje infonya disini

Kemarin aye mengunakan kapal cepat ML Express Bahari dari banda aceh jam 16.00 hari sabtu dan baliknya jam 14.30 hari minggu. harga kelas VIP 75rb

Sampai pelabuhan Balohan sabang, disana ada pilihan transportasi mulai dari taxi (kijang kotak jadul) atau bentor (becak motor) tarifnya kalau taxi menuju kota sabang Rp 20rb kalau ke iboh 50rb, tapi sebelum naik pastikan dulu taxinya menuju iboh atau tidak. Karena gak semuanya kesana, mereka baru mau ngangkut kalau min 4 orang yg ke iboh. Naik bentor kisarannya 100rban perbentor bisa di isi 3 orangan. Dan gak semua bentor mau ngankut yak, karena biasanya yg motornya gede. Tanyain aje.

Saat saya dateng tanggal 18 okt, lagi ada festival jazz dikota sabangnya. Well come on saya tinggal di Jakarta, artisnya orang Jakarta dan dijakarta kek gini bisa dibilang ada banyak. Dan saya gak punya banyak waktu jadi tujuan saya langsung cuzzz ke iboh.

dari pelabuhan sabang ke iboh
Saya gak punya banyak waktu, minggu harus balik ke Jakarta pesawat jam 18.05. jadi saya langsung ke iboh dan menginap disana.

Dari pelabuhan sabang ke iboh, jalanannya kek di Batu malang( saya orang Batu Malang). Gak enaknya traveling sendiri itu cost2 yang bayarnya jadi sendirian gak bisa dishare, padahal bentor kek gini bisa tuh buat 3 orang.
Karena gak punya gambaran mau nginap dimana, saya di carikan penginapan oleh bang toni supir bentor saya. Request saya cuman kamar mandi dalem aje..Dapetlah penginapan bang rahmat 200rb kamar mandi dalem dan kipas angin. Well kalau sama temen mah bisa di share ini biaya kek gini. Penginapannya so far so good lah mayan kalau hanya untuk semalam, di penginapan bang rahmat juga ada yg kamar mandi luar hanya 150rban. Penginapannya langsung menghadap ke pantai. Dan pulau rubiah keliatan bangeeetttt.

pemandangan depan penginapan, itu pulau depan, pulau rubiah

Nyampek penginapan, masih sempat cerita2 ma bang rahmat pemilik penginapan ditemani deru ombak yang tenang #pengensokmendayu. Mendengar kisah bang rahmat yang luar biasa, pengalamannya kena sunami yang dia harus kehilangan kedua orangtua dan saudaranya, serta bagaimana dia sampai akhirnya bisa punya penginapan sendiri “yang penting persahabatan” ujarnya.

Bang rahmat juga cerita, kalau jarang cewek traveling sendiri, dia bilang dipenginapannya dan penginapan yang lain, rata2 pertahun hanya 1-2 orang cewek yang traveling sendirian. Padahal aceh atau sabang insyaAllah aman. Dan saya adalah cewek pertama tahun ini yang nginep sendirian di penginapannya (tahun 2014).
Paginya saya langsung cuzz ke rubiah by boat sewa boat 100rb/ pp ini bisa dishare, aye minta bantuan bang rahmat untuk nyariin gabungan sewa boat dapet pasangan bulan madu, yg ujung2nya digratisin ma mereka.
Dari Iboh ke Rubiah
Sumpah waktunya sedikit banget dan kalau udah snorkeling, bakalan gak kerasa jam berputar dengan cepat. Saya snorkeling dari jam 7 pagi – 1 siang. Naik untuk makan pop mie karena laper jam 10 pagi dan kalau gak di ingetin pasangan honeymoon kalau saya harus balik ke sabang untuk ngejar kapal balik ke banda aceh. Baik banget deh mereka udah numpangin gratis, merelakan waktunya untuk balik ke iboh.

Balik ke penginapan bang tony dan rahmat yang baik, liat muka saya udah cemas abis, takut saya ketinggalan kapal dan pesawat.

Ada insiden sport jantung bentar adalah saat mau balik dr iboh ke pelabuhan sabang, hujan cukup deras, mana saya naik bentor bukan mobil, mayan lah basah2 banyak. Dan bang tony bilang “kalau kapal gak berlayar gimana?” well kalau lautnya angin kencang kapal gak berlayar seh yak. Alhamdulilah cuman sport jantung aje, karena walau hujan tidak pakai angin kencang. Nyampek banda aceh dengan selamat.
Well itu review singkat saya tentang sabang, iboh dan rubiah. so girls or cute women kek ane, jangan ragu untuk traveling sendirian.

Akhir kata,Snorkeling di Rubiah bagus seh, air lautnya bening, sampah ya masih ada dikit ikannya warna warni, gak harus nyelem bisa keliatan dan pas saya kesana itungannya sepi gak rame. walau itu hari minggu.
Tips singkat.
1. Di Iboh jarang ada makanan yang enak, mending bungkus dari sabang saja.
2. Jangan lupa cek taxi or bentornya mau gak nganterin ke Iboh. Karena gak semua mau kesana.
3. klo ke sini, niatin buat liburan aje, jangan ada niat yg berhubungan dengan dosa terlarang di aceh alias berbuat xxx, pas ane nginep paginya dikasi tahu bang rahmat kalau semalam disebelah ada yang digrebek karena hal tersebut.
4. Apa ya ntar saya tambahin deh. Yang mau tanya2 bisa tuh ntar saya jawabpin tapi di komen yak jangan PM jadi semua bisa baca.

Anyway untuk informasi tentang Keindahan indonesia, yuk kunjungi indonesia-diversity.id